Sep22

khasiat Buah Talok (Cerry Jawa) kecil buahnya mngndung khsiat kesehatan yg sngt bsr..Khususny pda pnyakit Asam Urat

Diposting oleh Dewy • Di: Khasiat Herbal(Buah)
200px-Munting_calab_090826-0301_ith.JPG
  1. Siapa tidak kenal kersen (Muntingia Calabura L) atau talok yang buahnya kecil dan manis. Di beberapa daerah seperti di Jakarta, buah itu juga dinamai ceri. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles (Philipina) dan kerukup siam (Malaysia). Juga dikenal sebagai Singapore cherry (Inggris) dan Japanse kers (Belanda).
Buah yang sering digunakan anak-anak untuk bermain atau dimakan, daun dan buahnya ternyata memiliki kandungan senyawa penting dan juga berkhasiat untuk obat. Buah kersen di daerah Srilangka sering diawetkan dan dibuat selai jam fruit. Buah itu sangat digemari di Mexico dan umumnya dijual pada pasar-pasar tradisional dalam jumlah yang banyak. Di Asia Tenggara, kersen merupakan salah satu jenis pohon pinggir jalan yang umum sekali dijumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering. Pohon kecil ini awalnya tumbuh liar ditepi jalan, selokan atau bahkan ditengah retakan tembok lantai atau pagar. Tumbuh dengan cepat membesar sebagai pohon naungan. Walau sekarang banyak dipakai hanya sebagai tanaman peneduh, sebenarnya tanaman ini mempunyai manfaat kesehatan yang sangat berguna. Buah kersen biasanya disukai anak-anak dan merupakan sumber makanan bagi beberapa secies seperti codot (kelelawar pemakan buah) dan banyak species burung anak sekolah suka sekali bermain pada pohon ini biasanya mereka juga mencari-cari buah yang sudah masak diantar dedaunan. Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah dan burung cabe, sering mengunjungi pohon ini di waktu siang untuk memakan buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pemakan buah yang datang dengan tujuan yang sama. Biji kersen tidak tercerna oleh burung dan codot, karena itu kedua kelompok hewan ini sekaligus berfungsi sebagai penyebar bijinya.
  1. Ciri Ciri Fisik
200px-Munting_calab_070224_076_tdp.jpg Tanaman ini biasanya tumbuh dengan ukuran kecil namun kadang juga bisa berukuran besah bahkan ada yang bisa mencapai tinggi hingga 12 Meter. selalu hijau terus menerus, berbunga dan berbuah sepanjang tahun Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya. membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar demikian pula daunnya. Daun tanaman ini memiliki sistem pertulangan yang menyirip, daun tidak simetris dan tepinya bergerigi sedangkan bunganya berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua dan berbilangan 5; kelopak berbagi dalam, taju meruncing bentuk benang, berambut halus; mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm. Benang sari berjumlah banyak, 10 sampai lebih dari 100 helai. Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang menjadi buah dalam tiap berkasnya. buah memiliki diameter hingga 1.5 cm berbentuk seperti cerry jika matang maka akan berwarna merah dan terasa ma Jus buah kersen sangat bermanfaat dan memiliki kandungan yang lebih jika dibandingkan dengan berbagai larutan isotonik yang kini banyak beredar di pasaran. Ditinjau dari segi kandungan gizinya buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg. Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik. kersen-2Kandungan buah kersen setiap 100 gram adalah sebagai berikut: Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g), dan kandungan Vitamin C (80,5 mg). Nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram. Sedangkan daun kersen telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional yang digunakan sebagai obat sakit kepala dan anti radang oleh masyarakat Peru. Berikut beberapa manfaat daun dan buah kersen:
  1. Antiseptik Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.
  2. Antiinflamasi Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.
  3. Antitumor Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.
  4. Anti Uric Acid (Asam Urat) Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.
  1. Cara Membuat Sirup Kersen
Bahan-bahannya meliputi buah kersen masak, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas. Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3). Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas. Produk olahan dari kersen ini tidak menggunakan bahan kimia apapun semuanya alami. Oleh karena itu, produk olahan ini lebih sehat daripada produk yang ada di pasaran pada umumnya.
  1. Sumber:
  2. http://www.lintasberita.com/, http://www.bloggaul.com/, & http://suaramerdeka.com/ http://ksupointer.com/
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

23 tanggapan untuk "khasiat Buah Talok (Cerry Jawa) kecil buahnya mngndung khsiat kesehatan yg sngt bsr..Khususny pda pnyakit Asam Urat"

11:11, 22-Sep-11
Adhita

wah info bagus nih , kebetulan dirumah ada pohon cerry , ane coba bikin sirup ah . Thanks ya gan infonya .

15:17, 22-Sep-11
Daniezero モグモグ

Nice info frend, nyimak aja...

19:49, 02-Nov-11
dimas firdaus

great.. tolong kasih info lebih banyak lagi ya

20:45, 20-Mar-12
la

wah seneng tau manfaatnya, mau rebus daunya.....aaah. xie-xie

21:20, 17-Apr-12
dian setiani

waaaah ! asyik disekolah ada kebun kersen . mantap cuy

08:39, 22-Apr-12
Dewy

@dian setiani,
ea seru tuch pzti ... sklh q dulu pun sama ..thx dah berknjng

15:22, 22-Apr-12
subandi

Emang bagus sekali manfaat buah dan daun kresen ,mari kita kembangkan,

09:37, 11-Jun-12
hany

asik dhalamanq ada talok try ahh

20:51, 05-Jul-12
ahmad alya nur akbar...

wach,, senenk aq.. nggope'i ae lach.... eemmz

11:50, 14-Jul-12
mustika tour

Pohon talok sangat rimbun tapi jangan sekali-kali anda memarkir mbil dibawah pohonnya, krn bisa membuat kaca dan cat mobil anda kusam

15:25, 06-Agu-12
dj

wuihhh......sipppp....top markotop

08:12, 05-Sep-12
Langgeng

hebat!!

18:23, 06-Sep-12
dian pratiwi

wow talok salah satu buah kesukaanku bgt...waktu kuliah dulu hampir tiap hari axaem buah ini coz area kampusku byk bgt tanaman talok ... saat jam kosong or pergantian jam kita jg suka nonggkrpng dibawah pohon
...tp denger2 skg dah ditebangin...yaaaah sedih deh...

11:36, 07-Okt-12
marisa

buah yg lazim di sbut TALOK di wilayahku nie trnyata bnyax mnfaat yg trkandung didlmnya,
thanx bwat info'na sngat bermanfaat...
ahh coba bikin sirupnya deh, kbetulan dipkarangan rmah ad,.
.*_*

21:34, 08-Okt-12
asri

mohon copy paste gan..!! N tanks infonya

22:25, 08-Okt-12
dony ws

jumlah daun yg direbus untuk obat antiseptik anti imflamasi , anti tumor berapa lembar ? tolong dirinci . terima kasih

17:38, 23-Des-12
HANATA

wahh,,,subhanallah ni pohon ternyata banyak manfaat tapi di saat musim hujan kenapa hasil buahnya kurang baek??

17:16, 17-Apr-13
yudha pratama

keren sob berita.a
jngan lupa follback.a gw tnggu hehe

10:26, 07-Mei-13
eka elang

qu..dahh punya pohon talox..dipot..udah tax kaciih..kotoran kambing 3butir kok blon berbuah jg za....

14:18, 10-Sep-13
joni

selain manfaat yg d sbut d atas, ada lg gak manfaat lainya. ?

18:38, 26-Okt-13
chan exon

thank ya infonya

20:38, 05-Jan-14
rodne kochiyama mates

5'Ab# qpG.f H-0aJ udh:b 6L8w`

20:16, 10-Sep-14
biyanslam

ilmu yg bermanfaat, teruslah menjadi penulis yg inspiratif kawan, kami tunggu tulisanmu selanjutnya

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)